BTL SOLO | 085869690119 Jasa Pasang Listrik di Solo Paling Murah
back

Memanfaatkan Listrik Prabayar

Inovasi PLN yang satu ini sudah berjalan beberapa tahun terakhir. Antusias masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia terlihat sejak listrik prabayar (listrik pintar) ini disosialisasikan. Saat menggunakan listrik pintar, pelanggan harus membeli pulsa dulu untuk konsumsi energi listrik sesuai kebutuhannya. Besar energi listrik yang telah dibeli oleh pelanggan dimasukkan ke dalam Meter Prabayar (MPB) yang terpasang di lokasi Pelanggan melalui sistem ‘token’ (pulsa) atau stroom. Hingga kini, produk layanan ini sudah tersebar ke seluruh pelosok masyarakat dimana kebanyakan berasal dari Jawa Bali, Indonesia Timur dan Sumatera.

Setelah melihat beberapa keunggulan diatas, saya merasa beruntung telah beralih ke listrik prabayar karena lebih banyak manfaat yang saya rasakan. Ya.. minimal saya tak terbebani dengan pembayaran beban minimum saat tidak menggunakan listrik. Saya yang mengelola kost-kostan walaupun kecil-kecilan, bisa merasa lebih tenang sejak beralih ke listrik prabayar ini karena memudahkan saya mengontrol konsumsi listrik para penghuni kost. Jadi ketika mereka boros listrik kan mereka sendiri yang menanggungnya.

Tak lama setelah gencar sosialisasi listrik pintar, suami akhirnya memutuskan untuk memasang instalasi jaringan listrik baru khusus untuk anak kost di belakang dengan daya 900 watt disusul ruangan depan 1300 watt. Proses pengajuan listrik prabayar juga sangat mudah. Pertama, suami hanya disuruh datang ke kantor PLN terdekat dengan membawa foto kopi KTP. Selain itu, suami juga dimintai peta lokasi untuk proses survei lapangan. Selanjutnya, kami disuruh telepon ke PLN 123 sebagai proses registrasi permohonan pemasangan listrik baru. Selanjutnya, setelah survei dilakukan, kami wajib membayar biaya instalasi di kantor PLN (bisa juga di Bank yang bekerjasama dengan PLN), menandatangani Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL). Finally, PLN melakukan penyambungan listrik di rumah kami. Praktis.

Awalnya kami ragu untuk memasang listrik pintar karena rumornya sih biaya per bulannya akan lebih mahal. Kalau lebih mahal, otomatis bisa membuat penghuni kost kecewa lantaran mereka terbebani dengan biaya listrik yang lebih besar. Namun karena niat kami di awal adalah untuk melonggarkan penggunaan listrik pascabayar di rumah dan mencoba membandingkan fasilitas listrik pintar dari PLN, akhirnya kami tetap nekat melakukan instalasi listrik pintar.

Lalu, apa yang terjadi setelah ini?

WOW, LISTRIK PRABAYAR TERNYATA LEBIH AMAN, PRAKTIS & EKONOMIS

Dugaan kami ternyata salah tentang listrik pintar. Kami yang sebelumnya NO untuk instalasi listrik pintar, kini justru merasa sangat beruntung saat merasakan manfaatnya. Dari pemasangan pertama hingga 1 tahun terakhir, kini kami baru menyadari bahwa listrik pintar atau prabayar ini ternyata lebih praktis, efektif dan ekonomis. Mengapa demikian? Berikut alasannya :

1.  Biaya Instalasi Listrik Pintar Murah Lho

Hayo, siapa yang dari kemarin bilang biaya instalasi listrik pintar lebih mahal? Dulu saat pasang listrik pascabayar, kami dibebani biaya pesangan baru plus uang jaminan langganan (UJL). Kini, Saya merasakan beban biaya yang lebih murah saat pasang listrik prabayar karena hanya dibebani token perdana (untuk pulsa listrik awal). Tentu ini sangat menghemat pengeluaran rumah tangga kami.

2. Petugas PLN Tidak Perlu Apel Lagi Ke Rumah Saya. Hihihi…

Dengan sistem prabayar, saya merasa semua serba praktis dan mudah. Bagaimana tidak, dulu saat hanya mencicipi listrik pascabayar, per bulan ada saja petugas PLN datang ke rumah kami untuk mencatat meteran, menerbitkan rekening, melakukan penagihan bagi yang terlambat membayar dsb. Kadang saya merasa sedikit ribet karena semua serba manual. Sekarang sih PLN memberikan fasilitas serba modern dengan listrik pintarnya.

3. Sering Kurang Percaya dengan Pencatatan Total Tagihan Listrik? Listrik Pintar Solusinya.

Saat menggunakan listrik pascabayar, perhitungan biaya per bulan masih analog atau manual sehingga ada kemungkinan angkanya kurang akurat saat kondisi tertentu. Sekarang sih, sebagai pelanggan saya merasa lebih percaya dan puas kepada PLN karena biaya listrik dihitung dengan sistem digital yang dijamin lebih akurat. Pokoknya, tidak ada lagi negatif thinking kepada petugas PLN deh. hehe

4. Senangnya, Tak ada Denda Saat telat Bayar.

Kali ini PLN memang memaksa kita merasakan kenyaman saat memanfaatkan listrik. Kenapa? Saat pakai listrik pintar, kita tidak akan dikenai denda keterlambatan membayar tagihan listrik. Tentu karena kita isi pulsa listrik dulu baru bisa memanfaatkan listrik. Jika terpaksanya lupa isi pulsa, paling-paling listrik tiba-tiba padam. Tapi tenang saja, listrik pintar sudah memiliki sistem alarm sebagai pengingat jika listrik hampir habis. Serba mudah ternyata. So, meminimalkan pengeluaran tambahan akibat denda kan?

5. Listrik Pintar Mengajarkan Saya Hemat Listrik.

Lho, kok bisa berhemat listrik? Toh secara sadar kita memang memanfaatkan listrik untuk berbagai aktivitas kan? Tunggu dulu. Coba deh ingat-ingat aktivitas kita di rumah saat menggunakan energi listrik. Ini pengalaman saya sendiri saat dulu menggunakan listrik pascabayar. Saya bisa seenaknya hidupin televisi berlama-lama walau tak ditonton siapapun, bisa cuci baju dengan mesin cuci beberapa kali dalam sehari, bisa setrika segunung baju dalam satu waktu tanpa mikir borosnya pemakaian listrik saat itu dan penggunaan lainnya. Akibatnya? Brrr… tagihan listrik membengkak dan saya pun rada kecewa saat membayarnya, walaupun saya sadar ini kesalahan saya sendiri. Belum lagi kepikir bahwa ini jangan-jangan karena penghuni kos yang sembarangan memakai listrik.

Tapi sekarang, saya diajar berhemat oleh listrik pintar karena mindset utama saya adalah jangan sampai saya kehabisan pulsa listrik. Nah, ini yang merubah pola aktivitas saya jadi lebih berhati-hati saat memanfaatkan listrik. Sekarang, TV jarang saya anggurkan saat kondisi hidup atau AC pun langsung mati saat penghuni keluar kamar. Dan lagi-lagi, kita difasilitasi dengan meter elektronik yang record konsumsi listrik. Jadi, setiap saat saya bisa pantau, berapa sisa pemakaian kWh terakhir sehingga saya bisa mengerem konsumsi listrik sesuai kebutuhan. Wah, praktisnyaaa 😀

6. Saya Dibebaskan biaya beban bulanan

Ini kabar baik lainnya, kita tak perlu bayar beban bulanan lho kalau pake listrik prabayar. Maksud beban bulanan bagaimana? Begini lho. Dulu waktu masih pakai listrik pascabayar, digunakan atau pun tidak sama sekali, kita tetap punya tagihan beban bulanan di luar tagihan utama. Misalnya kita pasang listrik dengan daya 900 VA maka tagihan dasar (beban) yang wajib dibayar selain tagihan pemakaian listrik 1 bulan adalah Rp 20.000,-. Tapi sekarang kita bisa lebih berlega hati karena sistem ini tak berlaku di listrik prabayar. Jadi, ketika listrik tak digunakan sama sekali (atau tidak diisi pulsa), takkan ada tagihan beban bulanan.  Aman deh, merasa tidak rugi kan? 🙂

7. Beli Pulsa Listrik Mudah & Cepat

Saya merasa lebih nyaman saat memanfaatkan listrik prabayar karena penyedia pulsa listrik prabayar ini sudah bisa kita temukan dimana-mana, bahkan lebih banyak dibanding listrik pascabayar. Praktis memang, saat menyusuri jalan kita bisa membelinya di berbagai loket pembayaran listrik, seperti di Indomart, Alfamart, kantor PLN terdekat dan juga di lebih dari 30.000 ATM di seluruh Indonesia. Karena rumah saya sangat dekat dengan Indomart, disitulah saya suka todong mbak penjaganya untuk memberi saya voucher pulsa listrik sesuai kebutuhan. Hehe…

Nah, cara belinya bagaimana? Gampang banget. Tunjukin saja kartu listrik pintar yang kita punya dimana didalamnya tercetak nomor meter pelanggan atau bisa juga menggunakan ID pelanggan. Hebatnya, listrik pintar ini memiliki sistem yang tak bisa dibobol dimana 20 angka digit pulsanya hanya bisa diisi ke meteran listrik kita sendiri. Wow, gak ada alasan untuk khawatir kan? 🙂

8. Keluarga Saya Aman dari Bahaya

Sudah banyak kasus di sekitar kita bahwa ada rumah kebakaran atau orang tersengat arus listrik gara-gara ada masalah pada instalasi jaringan listrik di rumah. Jangan sampai ini terjadi di lingkungan Anda dan keluarga. Tentu, kita harus menjaga keselamatan seluruh anggota keluarga di rumah dengan cara yang cerdas, yaitu dengan instalasi listrik pintar atau prabayar. Kok bisa aman? Ketika instalasi kabel listrik bermasalah, pada kWh meter prabayar muncul indikator bahwa jaringan kabel bermasalah sehingga pemilik rumah bisa langsung ambil tindakan, yaitu dengan cek kondisi kabel atau biar lebih aman silahkan langsung hubungi PLN agar petugas datang ke rumah Anda.

 

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Prev post Instalansi Listrik
Leave a comment

PAKET HARGA INSTALASI LISTRIK Paket Instalasi Listrik I Harga pertitik Rp 190.000 , dengan pemakaian…

Perbedaan Listrik Pascabayar dan Listrik Prabayar
Next post Perbedaan Listrik Pascabayar dan Listrik Prabayar
Leave a comment

Pemerintah lewat Perusahaan Listrik Negara (PLN) menggalakkan sistem pembayaran listrik prabayar. Sistem ini dianggap membantu masyarakat menghemat pengeluaran.…